x

Bangunan Bersejarah Bondo Loemakso Dijual Rp15,5 M, Ini Kata Keraton Solo 

1 minutes reading
Wednesday, 5 Jun 2024 12:07 0 172 Iki

BICARAINDONESIA-Solo : Keraton Solo buka suara terkait adanya iklan penjualan bangunan Bondo Loemakso. Bagunan bersejarah peninggalan Paku Buwono (PB) X itu, dijual di website jual beli properti dengan harga Rp15,5 miliar.

Kerabat Keraton Solo, KPH Eddy Wirabumi, mengatakan bahwa Bondo Loemakso yang dibangun sebelum tahun 1917 itu sudah sudah menjadi milik pribadi.

“Sejauh yang saya tahu, itu sudah menjadi milik pribadi,” katanya, dikutip Rabu (5/6/2024)

Lebih lanjut, KPH Eddy menyebut bahwa bangunan itu sudah lebih dari 10 tahun menjadi milik pribadi, yakni sebelum PB XII wafat.

Bangunan itu diberikan kepada salah satu putri Keraton Solo. Dalam perjalanannya, Bondo Loemakso ini pun menjadi milik pihak ketiga.

“Ya, saya agak lupa persisnya, dahulu kan diberikan almarhum ke salah satu putrinya, terus putrinya dalam mengurus sertifikatnya menggunakan jasa pihak ketiga. Lalu, di perjalanan kemudian, jadi milik pihak ketiga. Pemilik itu di luar Keraton Solo,” bebernya.

Dirinya juga mengaku masih mendata bangunan-bangunan yang akan dikembalikan lagi ke Keraton Solo dan salah satunya ialah Bondo Loemakso.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x