x

Dilanda Panas Ekstrem, Suhu di Jepang Mendekati 40 Derajat Celcius

2 minutes reading
Tuesday, 9 Jul 2024 10:46 0 117 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jakarta : Panas ektrem yang mendekati suhu 40 derajat celcius melanda beberapa wilayah di Jepang pada Minggu (7/7/2024). Adapun wlayah yang dimaksud adalah Tokai hingga Kanto.

Imbas suhu panas ekstrem tersebut, Badan Meteorologi Jepang (Japan Meteorological Agency/JMA) mengeluarkan peringatan sengatan panas untuk 26 prefektur dan mendesak penduduk untuk mengambil serangkaian tindakan pencegahan terhadap suhu ekstrem yang berpotensi mematikan.

Bahkan, suhu panas pada siang hari diperkirakan akan melonjak di atas 40 derajat Celsius, mengingat sengatan panas yang tak kunjung menurun. Ini merupakan kali pertama pada tahun ini Jepang mengalami suhu panas ekstrem di lebih dari 200 lokasi.

Pada minggu yang sama, suhu di Tokyo diperkirakan akan menyentuh 36 derajat Celsius, dan banyak daerah dari Tokai hingga Kanto berpotensi mengalami suhu melebihi suhu tubuh, menurut JMA.

Akibat gelombang panas ini menyebabkan rekor jumlah kasus heat stroke di berbagai wilayah Jepang. Dua penduduk lanjut usia di prefektur Ehime dan Tokushima dilaporkan meninggal dunia akibat heat stroke atau sengatan panas.

Sementara itu, Tokyo melaporkan 119 kasus darurat terkait sengatan panas di hari yang sama, termasuk tiga kasus yang parah di kalangan lansia.

Sejumlah otoritas mengimbau masyarakat, terutama orang tua dan anak-anak, untuk menggunakan pendingin ruangan yang diperlukan, tetap terhidrasi meski tidak merasa haus, serta menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan yang tidak perlu dan menunda berolahraga di luar ruangan.

LAINNYA
x