x

6 Warga Jepang Meninggal Akibat Gelombang Panas Ekstrem

1 minutes reading
Tuesday, 9 Jul 2024 17:36 0 118 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Gelombang panas di Jepang mengakibatkan enam orang tewas. Korban terkena sengatan panas (heatstroke) di wilayah Tokyo.

Suhu udara di salah satu wilayah Jepang dilaporkan mencapai 40 derajat Celsius saat gelombang panas melanda. AFP, Selasa (9/7/2024), melansir bahwa otoritas Jepang telah mengeluarkan banyak peringatan kesehatan untuk masyarakat sebagai upaya mengurangi insiden selama gelombang panas.

Sepanjang akhir pekan, wilayah Shizuoka menjadi wilayah pertama di Jepang yang mencatat suhu udara hingga 40 derajat Celsius tahun ini. Angka itu jauh melampaui ambang batas 35 derajat Celsius yang diklasifikasikan oleh pejabat cuaca setempat sebagai sangat panas.

Seorang pejabat badan cuaca, yang enggan disebut namanya, menyebut cuaca panas ekstrem di tengah musim penghujan di Jepang “agak jarang terjadi”. Hal ini disebabkan oleh sistem tekanan tinggi yang kuat di Pasifik bagian selatan.

Suhu udara juga mencapai rekor tertinggi mendekati 40 derajat Celsius pada Senin (8/7) waktu setempat, di pos pengamatan di Tokyo dan wilayah selatan Wakayama. Beberapa hari terakhir, otoritas Jepang mengeluarkan serangkaian peringatan sengatan panas di sebagian besar wilayah negara tersebut, yang isinya mengimbau warga setempat untuk menghindari olahraga di luar ruangan dan menggunakan pendingin udara (AC).

“Tanpa AC menyala, saya merasa sulit untuk bertahan hidup,” ucap salah satu warga Tokyo bernama Sumiko Yamamoto (75) saat berbicara kepada AFP.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x