x

Helikopter Wisata Jatuh di Bali, Diduga Baling-baling Terlilit Tali Layangan

2 minutes reading
Friday, 19 Jul 2024 22:44 0 183 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jakarta : Helikopter wisata milik PT. Whitesky Aviation jatuh di Suluban, Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali pada Jumat, (19/7/2024). Helikopter PK-WSP type Bell 505 itu diduga jatuh karena baling-balingnya terlilit tali layangan.

Peristiw itu dibenarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud).

“Helikopter membawa person on board (POB), yaitu satu pilot dan empat penumpang,” ujar Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas, dan Umum Ditjen Perhubungan Udara, Mokhammad Khusnu, dalam keterangan tertulis, Jumat (19/7).

Khusnu mengatakan bahwa saat ini inspektur penerbangan dari Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV sedang menuju lokasi kecelakaan. PT Whitesky Aviation, katanya juga telah mengirim tim ke lokasi.

“Pemilik helikopter juga telah mengirimkan tim investigasi ke lokasi kejadian,” imbuh Khusnu.

Khusnu menegaskan Ditjen Hubud akan melakukan sosialisasi dan pengawasan terkait bahaya layang-layang terhadap penerbangan. Ditjen Hubud akan berkoordinasi dengan Pj Gubernur Bali terkait keselamatan dan keamanan penerbangan.

Helikopter itu take off untuk melakukan tur wisata dari helipad GWK sekitar pukul 14.33 Wita. Helikopter tersebut terjatuh tak lama setelah mengudara atau sekitar pukul 14.37 Wita. Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Bali Kombes Jansen Avitus Panjaitan mengungkapkan para korban dievakuasi ke RS Bali Jimbaran. Ia mengatakan petugas juga sudah turun ke tempat kejadian perkara (TKP).

“Anggota masih diturunkan ke TKP,” ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun, helikopter tersebut dikendalikan oleh pilot bernama Dedi Kurnia yang didampingi seorang kru bernama Oki. Pilot dan kru itu merupakan WNI.

Adapun para penumpang terdiri dari dua warga negara Australia bernama Russel James Harris dan Chriestope Pierre Marrot Castellat. Satu lagi penumpang WNI bernama Eloira Decti Paskilah.

LAINNYA
x