x

Amankan Olimpiade Paris, Aparat Setempat Pakai Bantuan Kamera AI

2 minutes reading
Saturday, 27 Jul 2024 22:57 0 267 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Olimpiade Paris 2024 telah digelar. Untuk mengamankan pesta olahraga terbesar di dunia itu, aparat keamanan di Kota Paris menggunkan bantuan kamera kecerdasan buatan atau AI, meski dinilai kontroversial.

Selama olimpiade berlangsung, teknologi kamera ini akan digunakan untuk menganalisis tayangan langsung guna mengidentifikasi gerakan tertentu, jika ada yang mencurigakan. Juga akan mengirimkan peringatan kepada operator, yang kemudian dapat memutuskan mengambil tindakan.

Kamera pintar yang didukung algoritma akan digunakan untuk mendeteksi barang bawaan yang terlupakan, kepadatan penduduk, penyusupan, dan pergerakan massa. Kontroversialnya, penggunaan kamera semacam ini ditakutkan mengganggu privasi orang.

Pihak Kementerian Dalam Negeri Prancis menjamin, AI ini tidak akan dipakai untuk mengenali setiap individu, melainkan kejadian secara umum. “Teknologi ini akan memungkinkan kami mengidentifikasi kemungkinan muncul masalah dan mengirimkan patroli untuk melihat apa yang terjadi,” kata mereka.

Mathieu Zagrodzki, pakar keamanan di Universitas Versailles, mengatakan bahwa kamera AI di Paris akan dibatasi di lokasi olimpiade dan tidak akan digunakan di area lain secara umum. Dia mengatakan, kamera tersebut akan melacak pergerakan massa, barang bawaan yang mencurigakan, dan pola aktivitas yang tidak biasa alias mencurigakan.

“Misalnya, jika ada antrean yang bergerak ke satu arah dan ada orang yang bergerak ke arah yang berlawanan. Atau mungkin ada orang yang maju dan mundur, bahkan berdiri di satu lokasi untuk beberapa lama,” kata Zagrodzki, yang juga bertindak sebagai konsultan untuk polisi Prancis.

“Demikian pula, jika terjadi perkelahian atau semacamnya. Itu akan menghasilkan alarm yang bisa menarik perhatian siapa pun yang mengoperasikan salah satu kamera AI tersebut. Kemudian, mereka dapat menilai signifikansinya,” imbuhnya, dikutip dari USA Today, Sabtu (27/7/2024).

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x