x

Anggaran Peringatan HUT RI Bengkak, Jokowi: Wajar, Dilaksanakan di 2 Tempat

1 minutes reading
Friday, 9 Aug 2024 22:17 0 138 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait membengkaknya anggaran perayaan HUT ke-79 RI. Menurut Jokowi, hal itu wajar lantaran upacara peringatan digelar dua tempat, yakni di IKN dan Jakarta.

Hal itu disampaikan Jokowi setelah dirinya menghadiri Festival LIKE 2 di JCC. Jokowi menyebutkan, anggaran terlihat membengkak, karena sebelumnya hanya digelar di Jakarta.

“Ya, namanya dulu hanya di satu tempat,” katanya, Jumat (9/8/2024).

Selain itu, kata Jokowi, saat ini bertepatan dengan masa transisi pemerintahan. “Ini karena ada transisi, sehingga menjadi di dua tempat, tetapi kan bukan lompatan. Saya kira biasa, wajar, dan juga anggarannya ada di Kemensetneg,” ujarnya.

Sebelumnya, kabar mengenai bengkaknya anggaran pelaksanaan acara peringatan HUT RI ini dibenarkan oleh Mensesneg Pratikno. Dia mengatakan, kenaikan anggaran lantaran acara digelar di dua lokasi.

“Ya (membengkak), karena upacara sekarang itu diselenggarakan di 2 tempat (IKN dan Jakarta),” katanya, Selasa (6/8/2024).

Pratikno mengakui, anggaran upacara HUT RI tahun ini lebih besar dari sebelumnya. Namun, penambahan anggaran tersebut tidak signifikan. “Anggarannya lebih besar dari sebelumnya, tetapi enggak signifikan,” lanjutnya.

Ketika ditanya soal rincian anggarannya, Pratikno mengaku, tidak mengetahui pasti. Ia meminta agar hal tersebut ditanyakan kepada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

“Oh, enggak hafal saya. Mungkin Pak Kasetpres yang lebih tahu,” tutur Pratikno.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x