x

Wapres Iran Mundur dari Jabatannya, Kecewa dengan Susunan Kabinet Terbaru

2 minutes reading
Monday, 12 Aug 2024 20:59 0 124 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Wakil Presiden (Wapres) Iran, Mohammad Javad Zarif, kecewa terhadap susunan kabinet pemerintahan Presiden Masoud Pezeshkian. Karena itu, Zarif mengumumkan pengunduran diri dari jabatan barunya itu.

AFP melansir bahwa Zarif mengumumkan pengunduran dirinya dalam pernyataan yang diposting via X pada Senin (12/8/2024) waktu setempat. Ini berarti, Zarif hanya menjabat selama kurang dari dua pekan setelah dia ditunjuk menjabat Wapres Iran oleh Pezeshkian.

Sosok Zarif bukanlah nama baru di Iran, karena dia pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) dan menjadi perunding dalam kesepakatan nuklir penting Teheran tahun 2015 lalu dengan negara-negara besar.

“Saya mengundurkan diri dari jabatan wakil presiden untuk urusan strategis pekan lalu,” tulis Zarif.

Zarif juga menyebutkan beberapa alasan yang mendorong dirinya mengundurkan diri, dengan yang terutama adalah kekecewaan terhadap susunan kabinet baru Iran.

“Saya merasa malu, karena saya tidak bisa menerapkan, dengan cara yang layak, pendapat pakar dari komite-komite (yang bertanggung jawab untuk memilih para kandidat) dan mencapai inklusi perempuan, pemuda dan kelompok etnis, seperti yang telah saya janjikan,” jelas Zarif dalam pernyataannya.

Presiden Pezeshkian yang seorang reformis, pada Minggu (11/8) waktu setempat, menyerahkan susunan kabinetnya, yang hanya mencakup satu menteri wanita, kepada parlemen Teheran untuk disetujui.

Daftar susunan kabinet yang diusulkan Presiden Pezeshkian itu menuai kritikan dari beberapa kalangan reformis Iran, termasuk atas masuknya kaum konservatif dari pemerintahan era mendiang Presiden Ebrahim Raisi.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x