x

Jokowi Reshuffle Kabinet Hari Ini, Menteri ESDM hingga Kepala BPOM akan Diganti

2 minutes reading
Monday, 19 Aug 2024 08:51 0 136 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan me-reshuffle Kabinet Indonesia Maju (KIM) hari ini. Pada reshuffle kali ini, Menteri ESDM, Menkumhan, hingga Kepala BPOM akan diganti.

Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana, membenarkan terkait hal tersebut. Ari mengatakan, pukul 09.30 WIB pagi ini, Jokowi diagendakan akan melantik beberapa menteri, wakil menteri, dan beberapa kepala badan di Istana Negara.

“Adapun menteri dan kepala badan yang akan dilantik Presiden adalah sebagai berikut: Menkumham, Menteri ESDM, Menteri Investasi, tambahan Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan,” ungkap Ari, Senin (19/8/2024).

Ari menyatakan, pengangkatan tersebut diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif. Kendati demikian, Ari enggan mengonfirmasi nama-nama pejabat yang akan dilantik. “Tunggu aja pukul 09.30 WIB nanti, ya,” sebutnya.

Kabar reshuffle KIM, khususnya, Menteri ESDM sudah sejak awal Agustus ini berembus. Bahkan, pihak istana sendiri sudah dua kali menepis kabar akan ada reshuffle.

Awalnya, posisi tersebut diduduki oleh Arifin Tasrif. Namun, kabarnya akan digantikan oleh Bahlil Lahadalia yang menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Terakhir ditanya mengenai posisinya yang terancam di kabinet, Arifin enggan bicara banyak. Dia memberikan respons singkat sebatas meminta semua pihak menunggu apa yang akan terjadi ke depan.

“Saya mana tahu, tunggu ajalah,” katanya, Rabu (14/8/2024) lalu.

Sementara itu, Bahlil tak mau banyak bicara ketika ditanya hal yang sama. Menurutnya, yang tahu soal reshuffle hanya Jokowi sendiri, sebagai presiden yang memiliki hak prerogatif.

“Saya juga enggak tahu itu, hak prerogatif presiden,” katanya.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x