x

Banjir Bandang Akibat Hujan Deras Landa Kota Ternate, 13 Orang Dilaporkan Tewas

2 minutes reading
Sunday, 25 Aug 2024 17:52 0 122 Iki

BICARAINDONESIA-Ternate : Banjir bandang melanda Kelurahan Rua, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara (Malut). Akibat bencana ini, 13 orang dilaporkan meninggal dunia dan dua orang lainnya luka-luka.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Minggu (25/8/2024), melaporkan bahwa banjir bandang ini terjadi pukul 03.30 WIT dini hari tadi. Banjir yang disebabkan hujan deras ini juga mengkibatkan 10 unit rumah rusak berat.

“Bencana ini mengakibatkan 13 orang meninggal dunia, dua orang mengalami luka-luka, dan jumlah korban terdampak masih dalam proses pendataan,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.

Muhari mengatakan, hingga saat ini upaya penanganan di lokasi bencana terus dilakukan. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Ternate bersama instansi terkait, telah dikerahkan untuk mengevakuasi korban dan melakukan kajian cepat dampak bencana.

“BPBD Maluku Utara juga telah melakukan koordinasi dengan BPBD Kota Ternate guna mempercepat penanganan di lapangan,” katanya.

Lebih lanjut, Muhari mengatakan, saat ini warga terdampak membutuhkan tenda pengungsi, light tower, selimut, matras, terpal, kasur lipat, dan sembako. Tim di lapangan juga sedang melakukan pendataan lebih lanjut untuk memastikan jumlah korban terdampak dan kerusakan yang terjadi.

Sementara itu, kata Muhari, BMKG memperkirakan bahwa potensi hujan dengan intensitas tinggi masih mungkin terjadi di wilayah Kota Ternate dan sekitarnya dalam beberapa hari ke depan. Dia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti arahan dari pihak berwenang terkait potensi banjir susulan.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x