x

1.291 Aparat Gabungan Diterjunkan Amankan Pendaftaran Paslon Pilgub DKI

2 minutes reading
Wednesday, 28 Aug 2024 10:13 0 113 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jakarta : Sebanyak 1.291 personel gabungan disiagakan untuk mengamankan proses pendaftaran calon Pilgub DKI Jakarta. Sebagaimana diketahui, ada dua pasangan calon Pilgub DKI Jakarta yang akan mendaftar ke KPU DKI Jakarta hari ini.

“Total pengerahan 1.291 personel. Satgasda 1.045 personel, Satgasres 146 personel, BKO TNI, Mabes Polri dan Pemda 100 personel,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada awak media, Rabu (28/8/2024).

Personel itu, kata Ade Ary, juga siaga mengantisipasi adanya aksi unjuk rasa dari elemen masyarakat. Ade Ary mengatakan bahwa personel tersebut difokuskan di gedung KPU DKI Jakarta.

“Pengamanan tahap pendaftaran cagub dan cawagub DKI Jakarta Tahun 2024 dan antisipasi unjuk rasa. sasaran pengamanan area gedung KPU DKI Jakarta,” kata dia.

Ade Ary mengatakan rekayasa lalu lintas di sekitar kantor KPU DKI bersifat situasional. Jika diperlukan, lanjut dia, akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas.

“Apabila jumlah massa dan eskalasi meningkatkan maka diadakan penutupan jalan. Apabila jumlah massa tidak banyak, lalin normal seperti biasa,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ade Ary meminta massa yang akan datang ke KPU DKI sama-sama menjaga ketertiban. Jika ada aksi, dia meminta massa menyampaikan aspirasinya sesuai aturan yang ada.

“Kepada semua pihak untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban sehingga kegiatan aksi unjuk rasa nanti dapat berjalan dengan aman dan tertib,” ungkap dia.

Sebagai informasi, pendaftaran pasangan calon kepala daerah dimulai pada 27-29 Agustus 2024. Untuk 27 dan 28 Agustus pendaftaran dimulai pukul 08.00-16.00 WIB, sedangkan pada 29 Agustus pukul 08.00-23.59 WIB..

Hari ini, ada dua pasangan calon yang diagendakan akan mendaftar ke KPU DKI Jakarta. Mereka adalah pasangan Ridwan Kamil-Suswono dan pasangan Pramono Anung-Rano Karno. Sementara pasangan Dharma-Kun akan mendaftar besok.

LAINNYA
x