x

Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Diterbangkan dari IKN ke Jakarta Hari Ini

2 minutes reading
Saturday, 31 Aug 2024 13:31 0 133 Ika Lubis

BICARAINDONESIA-Jakarta : Prosesi kirab pengembalian duplikat bendera pusaka Merah Putih dan Naskah Proklamasi dilakukan hari ini, Sabtu (31/8/2024). Itu artinya bendera pusaka dan teks Proklamasi akan kembali dibawa ke Monas, Jakarta.

Dilihat dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden Sabtu (31/8), proses kirab dimulai sejak pukul 10.55 WIB dari IKN. Dari istana, bendera Merah Putih dibawa oleh Kachina Ozora yang merupakan purna Paskibraka 2023 asal Kalimantan Tengah. Sementara Teks Proklamasi dibawa oleh Sabrina Roihanah Paskibraka 2024 asal DKI Jakarta.

Didampingin sejumlah petugas, keduanya diantar ke kendaraan rantis maung yang sudah bersiap di pelataran Istana Negara. Maung itu juga sekaligus mengantarkan Kachina dan Sabrina ke Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Maung juga akan dikawal sejumlah rangkaian lain menuju Sepinggan, Balikpapan. Terlihat di barisan depan sejumlah motor patwal dan beberapa mobil di belakang maung tersebut.

Nantinya, Bendera pusaka dan teks proklamasi  akan dibawa ke Halim Perdanakusuma, Jakarta menggunakan pesawat Boeing 737-400 milik TNI Angkatan Udara. Pesawat diperkirakan akan take off 14.10 Wita.

Setibanya di Bandara Halim Perdanakusuma nanti, prosesi kirab akan dilanjutkan hingga berakhir di Monumen Nasional atau Monas. Berikut rute yang akan dilewati:

Base OPS Halim Perdanakusuma-Kompleks Halim Perdanakusuma-Jalan Halim Perdanakusuma-Cawang lewat jalan non-tol (arteri)-Simpang Susun Semanggi-Bundaran Hotel Indonesia-Sarinah-Patung Kuda-Jalan Medan Merdeka Selatan-Pintu Silang Tenggara Monas (depan Kedutaan Amerika/Pintu Gambir)-Monas sisi timur-Cawan Monas

LAINNYA
x