x

Viral! Puluhan Lumba-Lumba Mati Terdampar di Pantai Alor

2 minutes reading
Friday, 6 Sep 2024 23:30 0 160 Iki

BICARAINDONESIA-Alor : Sebuah fenomena viral terjadi di Pantai Pureman, Kecamatan Pureman, Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebanyak 50 lumba-lumba mati terdampar di pantai tersebut. Peristiwa ini pun menajdi viral di media sosial.

Lumba-lumba yang mati terdampar itu, ditemukan oleh seorang warga bernama Eka Blegur (25). Pria itu menduga, masih banyak ada lumba-lumba terdampar lainnya yang mati di tengah laut.

“Iya, benar. Ada 50 ekor itu dan bisa lebih, karena ikan yang lain masih di laut. Sementara yang di darat itu totalnya 50 ekor,” ujar Eka, Jumat (6/9/2024).

Eka menyampaikan, terdamparnya puluhan lumba-lumba itu terjadi sekitar pukul 16.00 Wita. “Jadi, sepertinya dari Dinas Perikanan dan Kelautan sudah amankan” katanya.

Hal senada disampaikan Aksa Pandu (33). Menurutnya, puluhan lumba-lumba terdampar itu menjadi tontonan warga. “Tidak tahu sampai sekarang akibat apa ikan lumba-lumba itu bisa mati,” ujar Aksa.

Kapolres Alor, AKBP Supriadi Rahman, mengungkapkan bahwa lokasi lumba-lumba terdampar sangat jauh dari Ibukota Kecamatan Pureman. Supriadi juga belum mengetahui pasti penyebab kematian puluhan lumba-lumba tersebut.

“Terkait lumba-lumba, merupakan kewenangan BKKPN (Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional),” jelasnya.

Supriadi sudah memerintahkan anggotanya untuk mengecek langsung lumba-lumba yang terdampar itu. Namun, menurutnya, akses ke sana hanya bisa dilalui dengan perahu motor.

“Kondisi laut juga kurang bersahabat dan tidak ada perahu yang bisa digunakan. Di sana juga sulit jaringan komunikasi, sehingga menyulitkan koordinasi,” jelas Supriadi.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x