x

Kalah 0-2 dari Babel, Tim Official Sepak Bola Putri Sumut Serang Wasit PON XXI 2024

2 minutes reading
Tuesday, 10 Sep 2024 10:48 0 132 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Terjadi insiden memalukan dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Tim Sepak Bola Putri Sumut menyerang wasit, usai kalah dari Bangka Belitung dengan skor 0-2 pada pertandingan penentuan Grup A di Stadion Mini Pancing, Senin (9/9/2024).

Suasana disebut telah memanas sejak awal laga. Apalagi, setelah Babel unggul pada menit ke-4 melalui Henni Ulandari. Tim Sumut sempat mengeklaim penalti ketika Uci Tamala dijatuhkan di area kotak penalti. Namun, wasit tidak menganggap hal itusebagai pelanggaran.

Pemain pun lantas melakukan protes keras ke wasit. Begitu juga dengan pelatih Sumut, yang tampak emosional di pinggir lapangan mendatangi asisten wasit.

Pertandingan sempat mendingin. Namun, rapinya pertahanan Babel membuat penyerang Sumut sulit menembus benteng pertahanan Babel. Hingga babak pertama usai dan Sumut tertinggal 0-1.

Memasuki babak kedua, pertandingan kembali memanas. Benturan pemain di tengah lapangan kerap membuat pemain emosional. Di menit ke-56, Suci kembali memiliki peluang emas cetak gol usai tinggal berhadapan langsung dengan penjaga gawang Huci Helyani. Mereka pun sempat lakukan duel fisik, tetapi wasit tak menganggap sebagai pelanggaran hingga suasana panas kembali terjadi.

Disusul kejutan lagi dari Babel yang berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui gol Vivi Oktavia Riski di menit ke-61. Vivi memanfaatkan kesalahan kiper Sumut.

Tertinggal dua gol, Sumut mencoba meningkatkan intensitas serangan. Di satu sisi, benturan pemain kembali terjadi. Bahkan, tepatnya di menit ke-69, kedua tim sempat terjadi benturan fisik. Perkelahian pun tak terelakkan.

Tampak seorang official Sumut masuk ke area lapangan dan menghampiri wasit lakukan protes. Begitu juga dengan sejumlah pemain saling dorong dan terlibat cekcok. Atas kejadian itu, pemain Babel Jasmine Sefia harus di kartu merah. Begitu juga salah satu tim pelatih Sumut mendapat kartu kuning.

Menyisakan 10 menit waktu terakhir, Sumut sebenarnya punya kans samakan kedudukan. Namun, peluang yang didapat gagal dikonversi menjadi gol. Hingga wasit Lukman Setiawan meniup pluit panjang, skor 2-0 bagi kemenangan Babel.

Usai laga, sejumlah official Sumut dan pemain yang kecewa dengan kepemimpinan wasit kembali mengejar beberapa perangkat pertandingan hingga menuju ruang ganti. Dalam vidio yang beredar, official Sumut sempat melepaskan pukulan kepada perangkat pertandingan.

Dalam keterangan persnya, pelatih Sumut, Marasabessy tentu menilai laga kedua tim awalnya berjalan lancar. Hanya saja, mereka menilai ada keputusan wasit yang justru merugikan mereka. Seperti pelanggaran tim lawan di area kotak penalti, wasit tidak memberikan hadiah penalti untuk Sumut.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x