x

Pilot Susi Air Berhasil Bebas dari Sanderaan KKB, Begini Kronologinya

1 minutes reading
Saturday, 21 Sep 2024 17:10 0 147 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Satgas Damai Cartenz 2024 berhasil membebaskan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Marthens, dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Kapten Philip telah disandera 19 bulan oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Pol Bayu Suseno, mengungkap kronologi pembebasan tersebut. Awalnya, aparat gabungan TNI-Polri terbang ke Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, menggunakan helikopter pada Sabtu (21/9/2024) pagi. Selanjutnya, petugas kembali membawa Kapten Philips dari Nduga menuju Timika.

“Kami langsung bawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis Pilot Philip dalam keadaan stabil,” ujarnya.

Setelah mitigasi, akan dilakukan konferensi pers di Mako Brimob Batalyon B Timika yang akan disampaikan oleh para pejabat.

Kaops Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani, menambahkan bahwa berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Indonesia untuk membebaskan Pilot Philip. Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 mengedepankan upaya soft approach dalam pembebasan Pilot Philip.

“Ya, benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat, dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa. Baik dari aparat, maupun masyarakat sipil, dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri,” jelasnya.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x