x

Beredar Isu Pasien MPox Berobat ke Puskemas Siborong-Borong, Kadis Kesehatan Taput: Perlu Uji Lab 

1 minutes reading
Saturday, 28 Sep 2024 01:15 0 232 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Masyarakat Tapanuli Utara resah setelah mendengar isu adanya terdufa pasien Mpox alias cacar monyet yang berobat ke puskesmas Siborong-borong. Bahkan, penumpang pesawat di Bandara Internasional Silangit diimbau untuk mengguunakan masker.

“Iya, saya mendapat informasi bahwa ada pasien yang diduga mengidap Mpox. Dia berobat ke Puskesmas Siborong-borong. Maka kita yang kerap menggunakan transportasi udara, terutama ditempat ramai, diminta memakai masker,” ujar seorang narasumber, Jumat (27/9/2024).

“Namun, kita tidak tahu apakah informasi itu benar atau tidak,” imbuhnya.

Merespons hal itu, Kepala Puskesmas Siborong-borong, dr. Lamtiur Sihombing membenarkan informasi tersebut.

“Benar, Rabu kemarin. Kebetulan saya masih ada pelatihan. Benar bahwa pasien itu mengeluhkan sebagian tubuhnya terkena mirip cacar air,” ungkapnya.

Ketika ditanyakan apakah pasien itu terkena virus Mpox, Lamtiur mengatakan belum bisa memastikan.

“Nakes kita masih mengecek secara pasti dan memang kita visit setelah berobat kemarin. Untuk memastikan apa penyakitnya, nanti kita kabari lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Taput, Alexander Gultom, saat dimintai keterangan, mengatakan bahwa dirinya belum tahu secara detail atas adanya informasi pasien terduga Mpox.

“Nanti kita cek detailnya atas informasi yang beredar itu. Untuk mengetahui apakah pasien mengidap Mpox, butuh uji laboratorium dan itu memakan waktu. Pastinya nanti kita kabari,” ujarnya.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x