x

Update! Korban Tewas Akibat Badai Helene di AS Capai 100 Jiwa

2 minutes reading
Monday, 30 Sep 2024 22:32 0 245 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Korban tewas akibat banjir besar usai badai Helene menerjang sejumlah wilayah di Amerika Serikat (AS) sejak akhir pekan lalu, terus bertambah. Kini, jumlahnya telah mencapai 100 orang.

“Sedikitnya, 100 orang tewas setelah banjir dahsyat melanda wilayah tenggara AS,” kata pejabat AS dilansir AFP, Senin (30/9/2024).

Banjir besar itu terjadi akibat terjangan Badai Helene. Tim operasi penyelamatan telah diturunkan ke seluruh wilayah Florida, Georgia, North Carolina, South Carolina, dan Tennesse untuk menemukan korban selamat. Selain menimbulkan korban jiwa, terjangan badai itu juha mengakibatkan pemadaman listrik hingga putusnya jalur komunikasi.

Kandidat calon presiden AS, Donald Trump, pada hari ini waktu setempat mengunjungi daerah Valdosta di Georgia. Wilayah itu diketahui menjadi salah satu lokasi yang paling terdampak dari bencana akibat Badai Helene.

Sementara itu, Presiden Amerika, Joe Biden, telah menyetujui bantuan federal ke beberapa negara bagian yang terdampak. Biden juga telah dijadwalkan untuk melakukan kunjungan ke daerah-daerah yang terkena Badai Helene di pekan ini.

Gubernur Carolina Utara, Roy Cooper, mengatakan pada hari ini bahwa ratusan jalan telah hancur dan banyak komunitas terhapus dari peta. “Ini adalah badai yang belum pernah terjadi sebelumnya,” katanya.

“Kami berupaya menambah pasokan. Kerugian emosional dan fisik di sini tidak dapat digambarkan. Sungai masih naik, jadi bahayanya belum berakhir,” imbuhnya.

Dia mengatakan, rencana pembangunan kembali jangka panjang perlu menghadapi kenyataan cuaca yang lebih ekstrem. “Akan tetapi, saat ini kami berkonsentrasi pada penyelamatan nyawa dan memberikan pasokan kepada orang-orang yang sangat membutuhkannya,” pungkasnya.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x