x

Viral! Perempuan Muda di Jakbar Idap Kanker Paru Stadium Akhir, Gejala Awal Cuma Flu

2 minutes reading
Wednesday, 9 Oct 2024 11:24 0 132 Iki

BICARAINDONESIA-Jakarta : Viral di mwdia sosial, seorang perempuan di Jakarta Barat dinyatakan terkena kanker paru-paru stadium 4, padahal usianya belum masuk 30 tahun. Perempuan bernama Jennifer Kencana itu, baru menyadari ada yang tidak beres dengan kondisi paru-parunya setelah mengeluhkan sejumlah gejala.

“Aku awalnya cuma flu saja, tetapi setelah flu mereda, dada kanan aku mulai sakit kalau napas dalam,” tuturnya, dikutip Rabu (9/10/2024).

“Sakitnya enggak hilang-hilang,” imbuhnya.

Jennifer sempat mengaku heran dengan diagnosis dokter lantaran dirinya merasa bukan sebagai perokok aktif maupun pasif. Namun, dokter menekankan saat itu ada beragam faktor yang bisa menjadi pemicu kanker paru-paru termasuk riwayat genetik.

“Aku kebetulan, karena genetik,” tandasnya.

Hidup Jennifer terasa berubah sejak terkena kanker paru stadium lanjut. Dokter bahkan menyatakan sel kanker yang tumbuh sudah menyebar ke bagian tubuh lain.

“Hidupku berubah sejak bulan juni 2024, aku didiagnosis kanker paru stadium 4 dan sudah menyebar ke tulang belakang dan pinggang. Ada cairan di paru-paruku sebanyak lebih dari 1 liter. Sama sekali enggak percaya kalau aku mengalami hal ini di usiaku yang bahkan belum 30 tahun,” jelasnya.

Jennifer kemudian rutin menjalani radioterapi dan dirawat secara intensif untuk mengeluarkan cairan paru juga menjalani targeted therapy.

Masa-masa itu, menurutnya melelahkan. Ia bahkan sempat nyaris tidak bisa menggerakkan tubuhnya hingga perlu digotong oleh sejumlah perawat.

“Karena yang aku tahu saat itu, badanku sakit banget, sesak napas,” ceritanya.

“Perjalanan radioterapiku juga kan tidak selalu berakhir mulus, karena ada beberapa kali badanku rasanya sakit banget sampai enggak bisa bergerak. Enggak bisa nahan rasa sakitnya, akhirnya tindakan pun sempat ditunda,” tuturnya.

Ia bersyukur, jelang beberapa bulan hingga saat ini, kondisinya berangsur membaik. Perempuan berusia 28 tahun itu sudah bisa kembali beraktivitas meskipun dibatasi untuk tidak melakukan kegiatan berat.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x