x

Istana Bogor Hibahkan 15 Rusa Totol ke Pemkot Medan, Dilepaskan di Taman Cadika

2 minutes reading
Thursday, 10 Oct 2024 01:35 0 111 Iki

BICARAINDONESIA-Medan : Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menerima hibah 15 ekor rusa totol jinak jenis Axis axis dari Istana Kepresidenan Bogor. Ke-15 ekor rusa tersebut dilepaskan di Taman Cadika Medan, Kecamatan Medan Johor.

Pj Sekda Medan, Topan Obaja Putra Ginting, melepaskan rusa-rusa tersebut pada Rabu (9/10/2024) bersama perwakilan pihak Istana Kepresidenan Bogor, yakni Abdul Gani Hamumuroafa. Terdapat 3 ekor jantan dan 12 ekor betina yang dilepaskan di Taman Cadika Medan.

Topan berharap, kehadiran rusa ini menjadi daya tarik baru bagi masyarakat. “Kawanan rusa ini juga diharapkan menjadi salah satu daya tarik Taman Cadika,” katanya.

Memandangi kawanan rusa totol jenis Axi axis yang berkeliaran bebas di Taman Cadika diharapkan dapat menjadi sebuah hiburan murah meriah bagi masyarakat. Apalagi, jika dapat berinteraksi lebih dekat dengan menyentuh dan memberi makan rusa-rusa cantik tersebut.

Rusa totol ini punya sejarah cukup panjang. Hewan ini pertama kali dibawa oleh Gubernur VOC, Sir Thomas Stamford Raffles ,dari daerah perbatasan India dan Nepal pada tahun 1814. Kini, hewan tersebut sudah lebih dari 200 tahun menghuni dan berkembang biak di area padang rumput halaman Istana Bogor. Koleksi rusa totol di Istana Kepresidenan Bogor kini sudah berjumlah lebih dari 800 ekor.

Selain rusa totol, Taman Cadika juga memiliki koleksi satwa unik yang jadi daya tarik bagi pengunjung, seperti kelinci dan kura-kura sulcata.

Editor: Rizki Audina/*

LAINNYA
x